Rabu, 20 Februari 2008

Pendidikan Luar Sekolah Terus Dibenahi

Pemerintah Daerah Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Pendidikan Pasbar terus berupaya meningkatkan pembangunan bidang pendidikan di daerah ini. Tidak saja pendidikan formal tapi juga pendidikan non formal. Terbukti, pendidikan non formal termasuk Pendidikan Luar Sekolah (PLS) juga mendapat perhatian pemerintah, yaitu dengan memberikan pendidikan yang merata bagi mereka yang tidak mampu atau putus sekolah.

Bahkan belakangan, pendidikan luar sekolah memang tidak saja mendapatkan perhatian dari pemerintah Pasbar, tapi juga pemerintah pusat. Hal ini terbukti dengan dikucurkannya dana bantuan dari Ditjen PLS, Depdiknas RI yang berjumlah Rp200 juta bagi delapan Kelompok Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) se-Pasbar. Hal ini dilakukan dengan memperbanyak sekolah-sekolah luar sekolah dan menumbuhkan minat baca masyarakat Pasbar.


Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat (Pasbar), M Yaman didampingi Kabid PLS Ali Azwar dan Kasi PLS Marlin menyatakan bantuan yang diterima oleh delapan kelompok belajar ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi dunia pendidikan Pasbar. Sekaligus sebagai spirit dalam upaya menumbuhkan semangat belajar demi terciptanya SDM yang berkualitas.

”Hal ini memperlihatkan bahwa Pemkab bersama Dinas Pendidikan terus meningkatkan perhatian terhadap perkembangan pendidikan di Pasbar. Tidak itu saja, PLS melalui TBM dan Paud akan terus dikembangkan dalam rangka memberikan pendidikan yang merata bagi masyarakat. Selain itu, agar masyarakat lebih bersemangat memperoleh pendidikan,” ungkap M Yaman. Sementara itu, Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan Pasbar, Ali Azwar menyatakan, bahwa TBM merupakan salah satu strategi untuk menimbulkan semangat membaca di kalangan masyarakat. (altas maulana)
Sumber


0 comments: