Selasa, 27 Mei 2008

PENDIDIKAN ORANG DEWASA Pendidikan Non formal DI GERMANY

1. Keterangan umum di Sistem Pendidikan Jerman

2. Basis sah/tentang undang-undang

3. Institusi

4. Pembiayaan

5. Ketetapan

6. Keikutsertaan

7. Susunan kepegawaian

8. Riset dan Pendidikan lebih tinggi

9. Internasional Menghubungi

10. Prospek dan Kecenderungan

11. Keterangan umum di Sistem Pendidikan Jerman

Seperti di negara maju yang lain, Jerman sedang mengubah di 1990s dari industrialised dan ke dalam suatu masyarakat dan informasi, dengan daftar biaya pengiriman barang-barang pengangguran penjaga nya yang tinggi, struktural crises pengembangan kembali dari daerah. Pengembangan ini adalah mempunyai;nikmati barang kepunyaan yang yang pantas dipertimbangkan di secara keseluruhan dan latihan kejuruan kedua-duanya dari ( melanjutkan) pendidikan.
 

Federal Republic dari Jerman adalah suatu status yang pemerintah pusat. Ini adalah dari arti penting yang tertentu di area dari kultur dan pendidikan, di mana kuasa-kuasa status adalah terutama memberi hak pada negara yang pemerintah pusat ( Länder, sering menulis [ketika;seperti] Laender ) dan bukan di pemerintah pusat. aktivitas dan Tujuan umum bidang pendidikan disetujui dalam mengkoordinir panitia: Conference dari Ministers dari Education ( KMK ), Federal-Laender Commission untuk Educational Planning dan Promotion dari Research ( BLK ), Research Council dan lain badan yang nasional .

[Karena;Sejak] penaikan takhta dari Republik Demokrasi Jerman yang terdahulu di 3 Oktober 1990, Federal Republic dari Jerman mempunyai suatu area dari 357,000 [penyiku/ lapangan] kilometres dan, pada ujung 1997, suatu populasi dari 82,057,000. [Alat/ makna] itu [adalah] suatu kepadatan penduduk dari 230 para orang saban kilometre yang bujur sangkar. Figur yang yang dapat diperbandingkan untuk keseluruhan wilayah dari European Union adalah 116. Di antara penduduk/penghuni adalah ( 1997 figur) 7.4 juta orang asing, atau 9.0% dari total.

16 negara pemerintah pusat Jerman ( Laender ) bertukar-tukar di ukuran, mempunyai suatu bermacam-macam kepadatan penduduk dan berbeda di cara di mana hukum yang berkenaan dengan kultur dan pendidikan dibingkai. [Karena;Sejak] penggabungan dari Jerman di Oktober 1990, suatu pembedaan telah pula dibuat antar[a] "old" dan "new" Laender, yang mempunyai permasalahan dan tradisi wajah yang berbeda yang berbeda.

Di samping sistem yang pemerintah pusat tentang organisasi, struktur yang secara relatif yang serupa dari melanjutkan pendidikan (diharapkan) untuk ditemukan di negara individu hari ini, Jerman mencakup Laender yang baru . Melalui/Sampai pendidikan orang dewasa masyarakat memusat ( Volkshochschulen , VHS), yang ada di hampir tiap-tiap [desa/kampung] dan kota di Federal Republic, ada di mana-mana suatu sistem yang institutionalised dari melanjutkan pendidikan. Ini memeluk kedua-duanya institusi diri mereka dan peranan umum mereka [sebagai/ketika] pusat lokal bidang pendidikan dan budaya. Penetapan pendidikan yang berlanjut dari organisasi utama masyarakat, seperti gereja , serikat buruh , komersil dan badan amal , mempunyai suatu struktur yang serupa yang di seluruh negara. Struktur yang kelembagaan juga mempunyai orang dewasa di area dari pendidikan berkelanjutan kejuruan, melalui/sampai promosi ketenaga-kerjaan mengukur dan pusat latihan di dalam perusahaan.

(Di) atas [bertahan/berlangsung] duapuluh tahun, istilah " melanjutkan pendidikan " telah memperoleh suatu maksud/arti terus meningkat kejuruan, [selagi/sedang] ungkapan yang lebih tua " pendidikan orang dewasa " mempunyai tetap digunakan untuk sosial, pendidikan umum dan politis . Sesungguhnya, " melanjutkan pendidikan" dan " pendidikan orang dewasa" digunakan hari ini secara bersinonim di Jerman, yang terdahulu lebih dengan kejuruan,, dan arti tambahan belakangan lebih tidak kejuruan. Di dengan kata-kata sebagai berikut apa [yang], CE dan AE digunakan secara bersinonim.

Untuk tujuan memahami AE hari ini, Jerman adalah penting menghargai peran dari status ( Laender dan otoritas yang pemerintah pusat ) dan komune ( yaitu., yang lokal tingkat pemerintah). Karena status dan komune, AE adalah suatu perihal untuk orang-orang diri mereka, dan untuk yang badan menyediakan pendidikan berkelanjutan , seperti gereja , pemberi kerja dan serikat buruh. Status [dirinya] sendiri memastikan bahwa penetapan dan organisasi CE dapat melanjut untuk berfungsi secara efektif di dalam struktur yang sesuai (" orang banyak"), dan bahwa di mana ada " defisit" ( yang ditentukan oleh acuan ke target menggolongkan atau daerah), status campurtangan ke dukungan penawaran (" subsidiaras "). Ini juga salah satu [dari] prinsip dari subsidiaras dan orang banyak bahwa status bertanggung jawab atas melingkupi aktivitas pendidikan yang berkelanjutan:

" konseling dari pelajar dan [tentang] para guru; " informasi tentang ketetapan yang ada, kebutuhan, metoda dari membiayai , sertifikasi dan pemondokan; " Cupertino antar[a] pendidik dan institusi untuk ketetapan yang hubungkan; " koordinasi dari ketetapan direncanakan untuk tujuan mencegah gap dan duplikasi kedua-duanya.

[Karena;Sejak] status menerima dan mendorong orang banyak, keseluruhan struktur dari pendidikan orang dewasa telah diijinkan untuk kembang;kan dengan [cuma-cuma/bebas], dan telah menjadi secara luas membedakan. Di bidang banyak orang, [itu] dimakan karat hanya sangat secara tidak langsung oleh menyatakan subsidi atau peraturan.

2. Basis sah/tentang undang-undang

AE diatur di Jerman oleh banyak overlap yang peraturan dan hukum kadang-kadang melayani tujuan yang berbeda hanyalah banyak area [dari;ttg] tidak disentuh..

AE aktivitas tidak mempunyai untuk mempunyai pengenalan status - tidak sama dengan sekolah, sebagai contoh. Suatu perkecualian pada adalah ini pendidikan jarak , di mana suatu Act yang pemerintah pusat disilahkan 1974. AE tidaklah diatur di Constitution dari Federal Republic dari Jerman . Banyak Laender mempunyai, bagaimanapun, AE yang dengan tegas dimasukkan di konstitusi Land mereka.

Di samping kedaulatan dari Laender di pendidikan, ada peraturan undang-undang dan hukum yang sah sepanjang;seluruh yang Federation [menjadi/dari] keterkaitan ke CE. Federation bertanggung jawab atas CE kejuruan di luar sekolah, pengembangan dari prinsip umum dari pendidikan berkelanjutan yang akademis di pendidikan yang lebih tinggi , me-riset efektivitas dari CE dan pembukaan dari area yang baru tentang aktivitas melalui/sampai proyek yang bersifat percobaan. Hukum yang pemerintah pusat tentang keterkaitan ke CE adalah:

" Employment Promotion Act , dan akhir-akhir ini Social Security Code, yang mengurus/memerintah pelatihan adaptasi kejuruan , pelatihan untuk promosi ke nilai/kelas yang lebih tinggi, latihan all kerja dan, di kasus yang tertentu, latihan induksi.

" Employees' Representation Act , yang mengurus/memerintah cuti yang dibayar tentang anggota dari wakil serikat buruh dan dewan perbentengan untuk tujuan dari AE. Federal Staff Representation Act mempunyai [ketentuan/perbekalan] yang yang serupa.

" Vocational Education Act , yang mengurus/memerintah berbagai hal dari tanggung jawab untuk latihan all kerja dan pelatihan kejuruan yang sedang bertugas , dan implementasi dan peraturan mereka.

" Federal Student Aid Act , yang [mewariskan/mengabulkan] individu undang-undang hak-hak untuk bantuan pelatihan. Di CE, kesempatan ini menggunakan terutama sekali [bagi/kepada] orang dewasa [siapa] yang bermaksud air menghirup hawa sejuk kecakapan pintu masuk pendidikan yang lebih tinggi ( Abitur) melalui/sampai " pendidikan kesempatan yang kedua".

" Basic Higher Education Act yang pemerintah pusat ( yang dilengkapi oleh Higher Education Acts dari Laender ), yang mengharuskan institusi pendidikan lebih tinggi untuk menyediakan CE.

" Correspondence Courses Act yang pemerintah pusat yang dilengkapi oleh suatu status sesuai dengan Laender , yang mengurus/memerintah tugas-tugas dan [hak/ kebenaran] dari organisator dan peserta dari pendidikan jarak .

" Seluruh departemen negara Acts dari Federation dan Laender , yang memberi pegawai negeri kesempatan dari pelatihan reguler kejuruan yang sedang bertugas .

" Peraturan yang mempengaruhi keikutsertaan di CE adalah tercakup di banyak Acts lain pemerintah pusat, seperti Social Security Code, Federal Public Assistance Act, Youth Welfare Act, Treatment dari hukum perpajakan beberapa dan Offenders Act .

Hukum yang paling utama di AE pada tingkatan Land adalah Education Acts yang berlanjut dari Laender , yang tidaklah serupa tetapi adalah sangat yang serupa di penafsiran dari prinsip dari subsidiaras mereka dan karenanya sedang menuju untuk di mana mereka menyediakan pengaturan dari AE. Tingkat jo dana status yang dibayar di basis ini berbeda secara luas antar[a] Laender. Prinsip yang paling utama untuk organisasi dari AE, yang adalah secara umum terdapat di semua AE Acts, adalah:

" suatu menjamin/mengamankan struktur kelembagaan tentang AE, yang diciptakan melalui/sampai pengenalan dan dukungan yang kelembagaan seturut ukuran-ukuran yang tertentu dari pekerjaan yang berlanjut dari mutu yang terbukti; " otonomi yang organisatoris, yaitu., separasi dari organisasi masyarakat seperti serikat buruh , gereja dan asosiasi pemberi kerja , dan otonomi di janji temu dan perencanaan silabus dari staff; " staff yang berkwalitas , dan ketetapan untuk pelatihan yang sedang bertugas mereka; " Cupertino dengan institusi dan komune Land yang lain yang bidang pendidikan; " membuka akses untuk semua kelompok dan para orang di populasi.

Di Laender banyak orang , AE Act telah dilampirkan oleh suatu hukum di cuti yang bidang pendidikan , kadang-kadang di bawah suatu nama yang berbeda. Hukum seperti (itu) mengurus/memerintah cuti yang dibayar tentang karyawan untuk keikutsertaan di aktivitas yang bidang pendidikan, merebahkan perorangan pemberian judul pada umumnya [bagi/kepada] satu minggu saban tahun. isi dan Sejarah dari hukum di cuti yang bidang pendidikan dihubungkan dengan pujian/rekomendasi dari Organisasi Buruh se Dunia (ILO) di cuti yang bidang pendidikan dari 1976. 10 dari 16 Laender mempunyai hukum di cuti yang bidang pendidikan.

3. Institusi

Struktur yang kelembagaan tentang AE di Federal Republic dari Jerman adalah luarbiasa bervariasi.

Pertama,, banyaknya institusi adalah sangat tinggi.. Institusi itu dikenali dan di depan umum didukung oleh status ( dengan Federation atau Laender ) nomor;jumlah baik (di) atas 2,000 sendirian, 1,000 dari ini sedang pusat pendidikan orang dewasa masyarakat . Institusi AE dari perusahaan industri dan komersil, kamar dari perdagangan dan industri, dan kamar dari daerah angin pasat yang cerdik, [menjadi/dari] suatu [order/ pesanan] yang yang serupa dari penting/besar. Ada sebagai tambahan banyak pribadi dan secara komersial [lari/dijalankan] institusi AE - di kota banyak orang yang utama seperti Hamburg , Berlin , Frankfurt dan Leipzig adalah Main, ada antar[a] 300 dan 600 institusi seperti (itu) sendirian.

Yang kedua, institusi AE/CE mempunyai suatu memvariasi struktur. Mereka berbeda tidak hanya di ukuran, tetapi juga menurut apakah:

" mereka adalah eksklusif bertanggung jawab untuk CE atau menyelesaikan aktivitas yang lain juga; " ketetapan mereka terbuka bagi semua para orang yang tertarik atau dibatasi pada suatu terbatas kelompok; " mereka menjadi bagian dari suatu organisasi utama masyarakat seperti gereja , serikat buruh dan asosiasi bersifat usahawan, atau tidaklah terbelenggu di dalam [jalan/cara] ini; " mereka diatur oleh minat komersil, minat pribadi yang sosial, kepentingan publik atau lain minat yang organisatoris; " kedudukan hukum mereka adalah pribadi, yang diatur oleh dikendalikan/terkendali-status atau hukum publik; " mereka menawarkan ketetapan di bidang yang utuh tentang AE atau berkonsentrasi pada area yang spesifik tentang ketetapan.

Institusi AE yang paling utama dan pengelompokanX adalah:

" Ae serikat buruh , yang mempercayai pada; bersandarkan tradisi dari pendidikan pekerja di bidang banyak orang. Dua organisasi payung serikat buruh yang besar, Federation dari Trade Unions Jerman ( DGB ) dan Public Employees' Union Jerman ( DAG ), memelihara institusi yang paling besar dari pendidikan berkelanjutan kejuruan di Federal Republic. Di samping pendidikan kejuruan , asosiasi serikat buruh dan perserikatan individu juga melakukan pelatihan untuk wakil serikat buruh dan anggota dewan perbentengan di pusat pendidikan mereka dan seminar politis untuk anggota serikat buruh.

" Ae yang Company-based , yang tumbuh dengan sangat seturut arti pentingnya di 1980s, terutama sekali di bawah pengaruh dari ubah di teknologi dan organisasi dari pekerjaan. Banyak perusahaan yang besar mempunyai pusat latihan penuh internal mereka sendiri .

" Pendidikan orang dewasa masyarakat memusat ( Volkshochschulen ); 1998 ada 998 pusat pendidikan orang dewasa masyarakat di Jerman, mencakup semua bagian-bagian dari Federal Republic dan mempunyai;nikmati suatu peran komunal dan regional di CE. Ada kedua-duanya organisasi payung pada tingkatan Land ( melalui/sampai Land Associations dari Adult Education) dan pada tingkatan yang pemerintah pusat ( melalui/sampai DVV) . Ketetapan yang ditawarkan oleh [mereka/nya] memeluk keseluruhan cakupan dari CE, hanyalah unsur-unsur yang utama bahasa [yang] mengajar, budaya dan pendidikan umum.

" Ae yang religius , melewati/mengalir Churches agama Katholik dan Evangelical. Kedua-Duanya gereja mempunyai jaringan yang di seluruh negara tentang pendidikan keluarga memusat, akademi, kediaman mereka sendiri dan pendidikan orang dewasa Land memusat dan lain program acara yang bidang pendidikan. Sebagai tambahan, jasa disajikan pada tingkatan yang pemerintah pusat ( DEAE dan KBE). Banyak aktivitas yang bidang pendidikan adalah juga diatur pada tingkatan jemaah gereja.

" Target institusi AE komersil mereka yang dapat membayar, terutama sekali di area dari bahasa asing [yang] mengajar dan pengolahan data, dan mengambil bagian [part;bagian] aktip [yang] bersaing untuk dana-dana negara, [yang] khususnya di bawah Employment Promotion Act .

" Institut dari pendidikan jarak; di area German-speaking, tiga institut yang utama tentang pendidikan jarak beroperasi di seluruh negara,, dan salah satu dari ini mendirikan;tetapkan perguruan tinggi jarak pribadi dari pendidikan kejuruan lebih tinggi yang dikenali oleh status.

" " Bekerja dan Life" asosiasi ( Leben yang tidak d, AuL), suatu koperasi [yang] menggolongkan dari serikat buruh dan pusat pendidikan orang dewasa masyarakat , yang menawarkan suatu cakupan luas dari politis dan pendidikan kejuruan .

" Pendidikan orang dewasa kediaman memusat dan, di [perasaan/pengertian] yang lebih luas, semua pusat pendidikan yang menawarkan pemondokan, yang adalah melewati/mengalir berbagai sponsor tetapi mempunyai identitas yang bidang pendidikan tertentu, dan dikelompokkan bersama-sama di " Asosiasi dari Education Centres Jerman" ( Adb).

" Kamar dari perdagangan dan industri , dan kamar dari pertanian dan daerah angin pasat yang cerdik, yang menawarkan suatu jangkauan luas dari AE dan menyokong terutama sekali [bagi/kepada] pelatihan dan professionalisasi dari kekuatan pekerja dengan menyediakan pengenalan dari kecakapan.

" Menyatakan institusi CE, yaitu., perguruan tinggi dari melanjutkan pendidikan mensponsori secara langsung oleh status, yang menawarkan ketetapan untuk target kelompok karyawan yang publik. paling penting Dari ini adalah kursus latihan yang sedang bertugas untuk para guru melewati/mengalir Laender.

" Organisasi bidang pendidikan dari berbagai sektor dari ekonomi, yang dalam banyak kesempatan mengorganisir pendidikan berkelanjutan kejuruan dan industri , terutama di Cupertino dengan perusahaan kecil dan yang ukuran menengah.

" Sejumlah besar kelompok alternatif dan prakarsa yang sukarela/fakultatif adalah terpisah dari organisasi utama masyarakat dan memasukkan bidang spesifik atau dengan kelompok target yang spesifik. Dalam beberapa hal , mereka mengorganisir diri mereka pada tingkatan Land. Ada juga organisasi lebih kecil bidang pendidikan dengan suatu tema yang spesifik.

" Institusi pendidikan yang lebih tinggi, yang mempunyai suatu kewajiban ke AE/CE di bawah Basic Higher Education Act . Sekitar 30 institusi pendidikan yang lebih tinggi dan institusi pendidikan kejuruan lebih tinggi sekarang mempunyai AE/CE mereka sendiri memusat dengan struktur yang berbeda, mengarahkan dan profil.

" Dasar dari pesta politis kadang-kadang memelihara pusat pendidikan mereka sendiri. Dasar ini berkonsentrasi terutama di ketetapan dari pendidikan politis . Suatu peran yang penting adalah juga dimainkan oleh penetapan yang bidang pendidikan disediakan dengan organisasi amal, asosiasi olahraga Land dan organisasi pedesaan, yang berkonsentrasi pada area dan daerah yang berbeda dari ketetapan.

Media, juga, berperan dalam CE/AE, televisi dan radio publik yang terutama, yang mempunyai suatu peran yang bidang pendidikan di bawah terminologi dari anggaran dasar di bawah yang mereka dibentuk/mapan setelah Ke dua World War. Keseluruhan, kwantitas dari ketetapan dengan tegas bidang pendidikan yang ditawarkan oleh media telah merosot [karena;sejak] 1960s, [selagi/sedang] proporsi dari menyiarkan dengan keterkaitan beberapa yang bidang pendidikan mempunyai sedikit banyak(nya) meningkat.

Semua institusi AE yang disponsori oleh kelompok tersebut di atas berperan untuk " keadaan jamak"" AE Jerman. Status campurtangan secara politis dengan pengeluaran perintah di mana [itu] [memegang/menjaga] ini untuk perlu di sosial yang tertentu atau alasan-alasan yang ekonomi. Menurut prinsip dari " subsidiaras ", institusi AE [didakwa/ dipenuhi] tanggung jawab untuk menyelesaikan pendidikan yang berkelanjutan .

4. Membiayai persetujuan In dengan struktur yang keadaan jamak tentang AE di Jerman, pembiayaan bersandar pada berbagai sumber:

" status ( Federation dan Laender ) dan komune; " ( pribadi) ekonomi; " mensponsori badan dari institusi AE; " rumah tangga pribadi; " Federal Labour Office .

Pembiayaan dari AE di Jerman amounted di tahun 1997 ke DM 71.2 milyar (Am.). Figur yang tepat adalah hanya yang tersedia dari dan dan otoritas Land, bergaul dan Federal Labour Office ; di kasus yang lain, kurang lebih dibenarkan perkiraan harus digunakan.

Pembelanjaan dari publik mengerutkan ( 1997 DM 0.9 otoritas yang pemerintah pusat milyar (Am.), Laender DM 1.9 milyar (Am.) , bergaul DM 2.0 milyar (Am.)) di AE/CE amounted di 1997 sampai 0.41% dari total anggaran sektor yang publik dan 0.13% dari Gross National Product ( GNP). Ukuran ini tidak [pernah] ubah [karena;sejak] 1992. Pembelanjaan yang publik di AE telah menunjukkan peningkatan yang paling besar tentang segala sektor dari pendidikan [karena;sejak] 1975, tetapi di 1997 berdiri hanya pada DM 60 tiap-tiap orang dari populasi, namun baik di belakang sektor yang lain nya. " Publik mengerutkan" sebagian besar subsidi jo dana ke institusi dan aktivitas ( terutama via komune dan Laender), ke program acara pelatihan dan aktivitas yang bersifat percobaan ( jo dana kebanyakan pemerintah pusat), dan ke program acara untuk target yang tertentu menggolongkan.

Pembelanjaan oleh sektor swasta dari ekonomi ( 1997 DM 35.1 milyar (Am.)) meliputi biaya langsung, seperti uang kursus, gaji dan upah untuk staff yang disibukkan dengan melanjutkan pendidikan di perusahaan, dan juga biaya tak langsung, seperti penggajian dari karyawan [siapa] yang diijinkan pergi. Keandalan dari figur adalah meskipun begitu diperdebatkan, [seperti/ketika] sedikit perhatian [menyimpan/pelihara] penetapan biaya yang akurat dari mereka melanjutkan figur banyak orang dan aktivitas pendidikan diperkirakan. Ada persetujuan yang pembelanjaan sektor swasta di melanjutkan pendidikan melebihi dari pemerintah pusat, itu, otoritas komune dan Land, tetapi [itu] mempertimbangkan banyak lagi yang lain jenis biaya yang berbeda.

Pembelanjaan [oleh/dengan] rumah tangga pribadi ( 1997 DM 11.2 milyar (Am.)) diperkirakan, [di/ke] sana sedang tidak (ada) [jalan/cara] yang sistematis dari merekam biaya-biaya. Perkiraan didasarkan pada statistik dari pusat pendidikan orang dewasa masyarakat , menurut tutup peserta yang tentang sepertiga biaya-biaya tentu saja, dan di hasil dari Continuing Education Behaviour Reporting System, di mana angka-angka contoh dari peserta direkam.

Pembelanjaan dengan sponsor badan ( 1997 DM 0.1 milyar (Am.)) adalah juga diperkirakan. Dalam banyak kesempatan [itu] tidak bisa jadilah dengan jelas dipisahkan ke luar, dan di pihak lain [itu] tidaklah diberi.

Pembelanjaan oleh Federal Labour Office ( 1997 DM 19.8 milyar (Am.)) pen;jumlahan tutup dibelanjakan di bawah Employment Promotion Act . Ini adalah monies disetor ke rekening oleh karyawan dan pemberi kerja di ukuran yang sama dan dibelanjakan di bawah Act ini. Jo dana promosional ini dibayar ke dan institusi AE publik dan pribadi kedua-duanya, kontribusi tutup [bagi/kepada] biaya-biaya yang hidup dari pelajar seperti halnya biaya-biaya aktivitas.

Dari cara di mana pembiayaanX adalah tersusun itu telah jelas bahwa peran dari status [yang] membiayai dari AE harus dilihat di perspektif. Suatu substansiil bagian dari aktivitas AE dari populasi berlangsung tanpa dukungan status yang penting. Ini adalah suatu cerminan/pemantulan dari bertumbuh pentingnya pendidikan yang berlanjut menjual di Jerman, [bagi/kepada] jo dana Federal Labour Office yang (mana) membuat suatu kontribusi.

Bahkan di institusi seperti pendidikan orang dewasa masyarakat memusat, di mana dukungan publik main suatu peran yang penting, pembiayaan status adalah sering [part;bagian] yang lebih kecil. Pendapatan dari pembayaran siswa tumbuh secara terus-menerus di akhir-akhirnya 1980s dan sekarang telah memegang buku untuk suatu rata-rata dari hampir 40% dari pendidikan orang dewasa masyarakat memusat anggaran. Di Laender banyak orang , di mana pen;jumlahan yang hanya rendah hati diberikan kepada AE dukungan di bawah relevan Acts, proporsi dari pembayaran siswa adalah dengan mantap lebih tinggi..

5. Ketetapan

Tidak ada sistematis uraian ketetapan AE, kecuali pendidikan orang dewasa masyarakat memusat . Ketetapan yang ditawarkan oleh pusat ini menutup/meliput keseluruhan cakupan dari melanjutkan pendidikan , dengan tekanan di yang umum dibanding/bukannya yang kejuruan. Penekanan yang tertentu diberikan kepada bahasa yang belajar fasilitas dan pendidikan budaya. Distribusi dari 14.1 juta pelajaran adalah 1998: Politik - masyarakat - lingkungan ( 4.9%), seni dan Kultur ( 13.4%), Kesehatan ( 15.2%), Bahasa ( 38.1%), ketenaga-kerjaan dan Penempatan/Pendudukan ( 20.9%), Dasar pendidikan - sertifikat sisa-sisa-sekolah ( 7.4%).

Pelajaran bahasa yang asing adalah terutama ditawarkan oleh badan partikulir - seperti halnya oleh pendidikan orang dewasa masyarakat memusat . Kira-Kira separuh dari total ketetapan untuk bahasa adalah dibuat oleh sekolah bahasa komersil.

Pendidikan politis adalah sangat bervariasi dan menutup/meliput keseluruhan spektrum dari pokok politis. Pendidikan yang politis adalah terutama sekali dihubungkan dengan dasar dihubungkan ke pesta yang politis, pesta diri mereka, serikat buruh , pendidikan orang dewasa masyarakat memusat dan " Bekerja dan Life" asosiasi . Gereja juga berperanan dalam pendidikan politis.

Pendidikan berkelanjutan meliputi pelatihan yang sedang bertugas , latihan all kerja , prevocational dasar dan pendidikan bimbingan. Pelatihan yang sedang bertugas berdasar pada suatu diselesaikan sepanjang pelatihan atau pendidikan, [selagi/sedang] perubahan perhatian latihan all kerja dari penempatan/pendudukan. Pelatihan yang sedang bertugas memegang buku untuk proporsi yang paling besar dari pendidikan berkelanjutan kejuruan . Di depan umum dan secara pribadi mensponsori perguruan tinggi dan sekolah kejuruan main suatu peran yang utama di, bersama-sama ini dengan asosiasi yang profesional, kamar dari daerah angin pasat [seni;perahu] dan perdagangan dan industri, jasa pendidikan lebih lanjut dari pemberi kerja dan organisasi karyawan, dan secara alami perusahaan industri dan komersil diri mereka di mana karyawan dilatih;terlatih. Prevocational dasar bimbingan dan pendidikan ditawarkan terutama sekali oleh pusat pendidikan orang dewasa masyarakat .

Banyak kecakapan yang kejuruan diperoleh di Federal Republic dari Jerman melalui/sampai pelatihan yang sedang bertugas . Ini [berlaku bagi/meminta kepada] sekolah dasar dari tukang ahli guru di [seni;perahu] dan industri daerah angin pasat, posisi yang senior dalam [merawat/menyusu], seperti halnya ke kecakapan teknisi dan specialisms seperti gerakan dan waktu, dan pelatihan [dirinya] sendiri. Pelatihan kejuruan sedang bertugas main suatu peran yang penting sepanjang;seluruh manajemen menengah dan yunior dan di kecakapan spesialis intermediate/antara.

Di samping kursus latihan sedang bertugas [yang] mendorong ke arah suatu pengujian yang dikenali, ada banyak orang secara kejuruan relevan kursus pendidikan dasar ditawarkan oleh penyedia komersil. Perusahaan juga melatih staff mereka melalui/sampai pelatihan tak berijazah di area dari teknologi dan manajemen penjualan.

Jenis kursus CE bertukar-tukar secara luas. Mereka terbentang dari kursus jangka panjang yang full-time ( dari sampai ke dua tahun), terutama untuk program acara latihan all kerja, [bagi/kepada] jam-dua orang ceramah kuliah. Pendidikan kejuruan menuju ke untuk lebih panjang,, [selagi/sedang] pendidikan politis, umum dan budaya adalah lebih pendek..

Ketetapan bervariasi tidak hanya di isi, format dan janga waktu dari organisasi tetapi juga, dengan mantap, di apakah [itu] mempimpin melalui/sampai suatu pengujian atau berbagai jenis sertifikat [bagi/kepada] suatu kecakapan. Suatu besar bagian dari ketetapan CE/AE yang jangka pendek adalah tak berijazah, [selagi/sedang] aktivitas yang istilah-lebih panjang pada umumnya mendorong kearah penghargaan dari suatu sertifikat. Ada tiga umum jenis penghargaan:

" Menyatakan sertifikat, yang adalah kebanyakan serupa dengan [mereka/yang] dihadiahi oleh lain sektor dari sistem pendidikan ( pendidikan kejuruan , sekolah pendidikan yang umum, pendidikan yang lebih tinggi ). Yang di/tertunda pengadaan sertifikat sisa-sisa sekolah membentuk suatu besar bagian dari penghargaan jenis ini, terutama sertifikat dari pendidikan umum yang sekunder. Dalam kaitan dengan persamaan dari kesempatan, ini adalah dari arti penting sosial penting historis yang dan.

" Sertifikat yang tertentu [bagi/kepada] melanjutkan pendidikan , yang dapat diperoleh di bidang yang spesifik. Ini adalah terutama sekali pokok dari keterkaitan kejuruan ( bahasa, teknologi informasi, dll.).

" Sertifikat dikhususkan untuk organisasi, kecakapan sertifikat yang (mana) dari keterkaitan untuk, dan dikenali terutama di dalam, satu organisasi, seperti sertifikat yang dikeluarkan oleh serikat buruh dan gereja [yang] menetapkan kecakapan spesifik kejuruan.

Di tahun yang terbaru, " yang informal", "", " diarahkan-diri" dan " di/terorganisir-diri" aktivitas pelajaran sudah memperoleh penerimaan terus meningkat di Jerman [sebagai/ketika] di tempat lain. Terhitung sejak 1994 survei untuk " Melanjutkan Education Reporting System", suatu usaha telah dibuat untuk menangkap bentuk ini pelajaran, sedikitnya dalam bidang pendidikan berkelanjutan yang kejuruan . Pembacaan dari spesialis membukukan dan jurnal masih memimpin dengan suatu index keikutsertaan dari 52%, media yang membantu belajar menunjukkan telah suatu index keikutsertaan dari 24%. Meskipun begitu, sungguhpun [itu] adalah susah untuk mengukur usaha individu pada pelajaran, mereka harus diperhitungkan [ketika;seperti] unsur-unsur dari melanjutkan pendidikan , seturut konsep dari " pelajaran yang kekal ".

6. Keikutsertaan

[Karena;Sejak] 1979, ikhtisar dari keikutsertaan AE di Jerman telah dikirimkan oleh " Melanjutkan Education Behaviour Reporting System" dari [kementerian/ pendeta] pemerintah pusat untuk riset dan pendidikan; survei paling terbaru mengambil tempat di 1997. Keikutsertaan dalam melanjutkan pendidikan telah tumbuh dengan mantap.

48% dari populasi Jerman tua 19 sampai 64 di 1997 menomori kira-kira 24.1 juta. Dibagi menjadi kategori isi yang luas/lebar dari " pendidikan kejuruan " dan " pendidikan umum dan politis " keikutsertaan tumbuh dari 10% ( 1979) sampai 30% ( 1997) masing-masing dari 16% ( 1979) sampai 31% ( 1997).

Suatu gangguan/uraian menurut sosial yang prinsip dan karakteristik yang demografis tentang jenis kelamin, [umur/zaman] dan tingkat pendidikan formal, melanjut untuk menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih muda dengan tingkat yang lebih tinggi dari pendidikan [siapa] yang mengambil lebih banyak [part;bagian] dalam melanjutkan pendidikan dibanding kelompok populasi yang lain. Perbedaan yang lebih awal di keikutsertaan antar[a] para laki-laki dan perempuan, menentukan terutama sekali oleh yang tingkat yang lebih tinggi dari pendidikan umum dan aktivitas bersifat jabatan antar orang, levelled ke luar pada awal 1990s: wanita-wanita sekarang mengambil bagian terus meningkat tidak hanya di dalam dan umum pendidikan politis , tetapi juga di ketetapan yang kejuruan.

Mayoritas dari pelatihan kejuruan sedang bertugas mengambil tempat di tempat kerja ( lebih sedikit separuh), dan sepertiga di latihan all kerja atau pelatihan khusus yang sedang bertugas memusat, [selagi/sedang] pelatihan yang sedang bertugas yang disajikan oleh kamar dari [seni;perahu] atau perdagangan dan industri daerah angin pasat, institut atau sekolah yang kejuruan dari pendidikan yang lebih tinggi , pendidikan jarak atau [alat/ makna] yang lain, adalah lebih sedikit umum..

Di 1997, suatu total dari hanya 118,000 para orang mengambil bagian pendidikan jarak . Ini total adalah 50,000 lebih sedikit dibanding di 1992, [karena;sejak] ketika [itu] telah jatuh dengan mantap.

Keseluruhan keikutsertaan di CE/AE yang di/terorganisir sedang gergaji dan terus meningkat [adalah] suatu mendadak menyela bidang beberapa mengikuti penggabungan Jerman di 1990. Di 1990s, [itu] telah menunjukkan suatu peningkatan lebih lanjut, meskipun [demikian] pada suatu tingkat tarip yang dikurangi. Pola dari keikutsertaan melanjut untuk ditandai oleh liputan yang tertentu tentang [bunga/minat] ke policy-makers dan peneliti:

" keikutsertaan di AE/CE ber/kurang dari [umur/zaman] dari 40, terutama di kejuruan dan secara kejuruan relevan area; " keikutsertaan di AE/CE naik sebanding dengan yang bidang pendidikan tingkat peserta; " perbedaan antar[a] para laki-laki dan perempuan di keikutsertaan di AE/CE adalah hanya yang nyata jika tak berguna (berbahaya) diambil dari perbedaan di pola dari ketenaga-kerjaan disempurnakan oleh " keluarga pecah;rinci" dan pekerjaan sambilan; " peluang untuk keikutsertaan adalah lebih rendah di area yang pedesaan, di mana pendidikan jarak dan pelajaran yang multimedia-based lebih penting; "; " keikutsertaan dihubungkan dengan situasi sosial seperti halnya ke latar belakang yang bidang pendidikan: yang lebih buruk situasi, semakin sedikit orang-orang ambil bagian dalam pendidikan berkelanjutan ; " konseling dan informasi sudah membuktikan untuk faktor yang terus meningkat bersifat menentukan di keikutsertaan di CE; " diarahkan-diri [yang] belajar dan pelajaran tempat kerja sedang menyetarakan dengan di/terorganisir belajar sebagai alat mengambil bagian dalam melanjutkan pendidikan .

Hukum di cuti yang bidang pendidikan sudah menyempurnakan suatu perubahan di struktur yang sosial dari yang aktivitas CE/AE mereka mempengaruhi, khususnya menyangkut prasyarat untuk mengejar pendidikan. Bagaimanapun, mereka belum buat suatu perbedaan utama yang kwantitatif, [seperti/ketika] hanya antar[a] dua dan empat per sen dari karyawan di rata-rata menggunakan cuti yang bidang pendidikan hak-hak untuk mereka.

7. Susunan kepegawaian

Tidak ada tepat memperhitungkan berapa banyak para orang dipekerjakan secara keseluruhan di institusi AE di perencanaan dari ketetapan dan dalam mengajar [dirinya] sendiri. Hanya Institute Jerman untuk Adult Education ( MATI ) secara teratur menerbitkan statistik di susunan kepegawaian di pusat pendidikan orang dewasa masyarakat . Menurut ini, hampir 200,000 orang-orang dipekerjakan di pusat pendidikan orang dewasa masyarakat di 1998.

Struktur susunan kepegawaian dari pusat pendidikan orang dewasa masyarakat mempunyai keanehan bahwa pengajaranX adalah pada umumnya dilaksanakan oleh part-time atau staff wartawan lepas profesional yang bidang pendidikan , [selagi/sedang] staff profesional yang full-time adalah terutama disibukkan dengan alokasi sumber daya dan perencanaan, dan terus meningkat juga di organisatoris dan tugas manajemen.

Hubungan ini adalah berbeda antar institusi dan sponsor yang lain: dalam bidang pelatihan didasarkan-[perusahaan/ rombongan] , sebagai contoh, suatu minimal jumlah staff yang part-time dilibatkan. Di serikat buruh , dasar dan institusi yang yang serupa, ada angka-angka mungkin sama dari staff full-time dan part-time bidang pendidikan. Di status institusi ( pendidikan yang lebih tinggi , sekolah yang kejuruan, penetapan pelatihan guru yang sedang bertugas, dll.), staff adalah full-time,, dan mengajar pendidikan berkelanjutan sebagai bagian dari tugas-tugas mereka. Di gereja , sejumlah kecil staff yang full-time dilampirkan oleh suatu lebih besar jumlah part-timers, dan juga dengan sejumlah besar dari staff sukarela/fakultatif, yang tak dibayar. Antar institusi yang komersil dari melanjutkan pendidikan, kontrak full-time dan yang part-time dipekerjakan, staff yang part-time sangat mungkin sedang berada dalam mayoritas.

Satu-Satunya cara menilai total jumlah para orang yang dipekerjakan adalah untuk menyatukan mengumpulkan dan " menginterpretasikan" data item individu. Keseluruhan, [itu] dapat mengira bahwa di akhir-akhirnya 1990s, kira-kira 80,000 para orang menduduki berbagai posisi yang full-time dalam mengajar, manajemen sumber daya dan administrasi di AE di Federal Republic dari Jerman . Sebagai tambahan, ada wartawan lepas yang part-time mengorganisir , terutama para guru, total siapa nomor;jumlah mungkin telah sampai ke sepuluh kali penuh pengatur waktu.

Sebagian besar oleh karena perbedaan besar antar[a] institusi dan tujuan bidang pendidikan, metoda dan aktivitas, fasilitas dan ukuran mereka, ada hingga kini tidak (ada) profil khas bersifat jabatan yang sah untuk keseluruhan AE. Dua ketiga dari staff profesional yang full-time yang bidang pendidikan sudah menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi , lebih sedikit separuh dari [mereka/nya] di bidang dari pendidikan, bahasa dan ilmu-ilmu sosial. [Karena;Sejak] tidak ada yang praktis " " pelatihan untuk melanjutkan para profesional pendidikan", staff profesional yang paling full-time pindah;gerakkan " menyamping" ke dalam pendidikan orang dewasa . Lebih dari itu, proporsi [siapa] yang sudah menyelesaikan suatu sepanjang studi secara rinci di sisa pendidikan orang dewasa yang secara luar biasa rendah [dari] antara mereka mempekerjakan dalam melanjutkan pendidikan.

Poin-Poin yang paling utama diisukan mengenai AE/CE mengorganisir di Jerman adalah yang berikut:

" professionalisasi dari staff bidang pendidikan di AE; " jaminan sosial yang tidak cukup melindungi dengan tanggung jawab staff yang part-time khususnya; " pelatihan dari staff bidang pendidikan di berbagai hal yang organisatoris; " jaminan yang berkwalitas melalui/sampai pelatihan , kesinambungan dan kemampuan/ wewenang dari staff bidang pendidikan , dan melalui organisasi sesuai internal; " isu yang berkenaan dengan pengayaan dari mengajar aktivitas oleh penambahan dari konseling, penyelesaian sengketa dengan penengahan, [jasa;layanan] dan bimbingan berfungsi, untuk dicapai melalui/sampai lapangan golf yang semakin dekat antar[a] di/terorganisir dan diarahkan-diri belajar .

Debat tentang prospek dan situasi dari professionalisasi dari AE/CE di Jerman telah dibuka kembali melalui/sampai restrukturisasi dari institusi, pengurangan jumlah prod. di muka umum jo dana, partisipasi yang meningkat dalam melanjutkan pendidikan , menuntut untuk mutu yang lebih tinggi pada pihak peserta, dan suatu peningkatan di diarahkan-diri belajar di 1990s.

8. Riset dan Pendidikan lebih tinggi

[Karena;Sejak] awal 1970s, ketika AE status yang diumumkan untuk suatu sektor mandiri yang keempat tentang pendidikan, banyak area untuk studi dari AE sudah membuka di institusi pendidikan yang lebih tinggi Jerman. Dalam beberapa hal, tidak hanya mempunyai relevan bahan pengajaran yang ditawarkan dan riset diselenggarakan, tetapi suatu kursus derajat tingkat di pendidikan orang dewasa telah pula dikembangkan. Sebagai suatu pertama atau derajat tingkat Master's memusatkan di pendidikan orang dewasa ditawarkan pada universitas banyak orang. Pada institusi pendidikan lain yang lebih tinggi, area spesialis dari AE/CE diwakili. Banyak penawaran institusi pendidikan yang lebih tinggi yang melanjutkan pendidikan di pendidikan orang dewasa dalam wujud kembali ke kursus studi atau tambahan, pengganti atau latihan lanjutan .

Isi dari kursus terpasang " Out-of-School Youth Education dan Education orang dewasa" berkonsentrasi pada:

" teori dari pendidikan orang dewasa ; " teori dari pendidikan [masa/kaum] muda out-of-school; " institusi dan organisasi mereka; " basis yang sah/tentang undang-undang; dan " pengajaran dan metodologi.

Di samping studi yang akademis tentang AE/CE di universitas, ada institusi riset universitas-ekstra terkait dengan AE/CE. [yang] yang terkemuka Antar [mereka/nya] adalah Institute Jerman untuk Adult Education ( MATI ) di Frankfurt adalah Main, suatu institusi yang dibiayai oleh Gottfried Wilhelm Leibniz Scientific Association ( Wissenschaftsgemeinschaft Gottfried Wilhelm Leibniz, WGL), di mana riset yang pengembangan di pada kenyataannya semua aspek dari AE/CE diselenggarakan oleh suatu staff dari di sekitar 90, [siapa] yang juga menyediakan suatu mata rantai antar[a] praktek dan riset.

Beberapa departemen dari Land mendirikan ( Brandenburg, Hesse North Rhine-Westphalia) semua dari yang menyediakan pelatihan yang sedang bertugas , dan secara umum juga dokumentasi, statistik dan suatu perpustakaan.

" Mendirikan untuk Teaching dari Natural Sciences" (IPN) di Kiel mempunyai lingkup minat tertentu yang adalah sebagian terkait dengan pertanyaan dari AE. " Information System pendidikan" dari " Institute Jerman untuk International Educational Research ( DIPF) di Frankfurt adalah Main mengkoordinir dokumentasi dari literatur oleh lebih dari 20 penetapan dalam bidang pendidikan, pendidikan orang dewasa disatukan sebagian besar karena material disediakan oleh DIE . Di University dari Kaiserslautern, suatu kursus pendidikan yang berkelanjutan di pendidikan orang dewasa telah ditawarkan [karena;sejak] 1994, berdasarkan suatu kursus pendidikan jarak yang yang serupa melewati/mengalir Hagen Distance University di akhir-akhirnya 1970s dan awal '80s.

Studi yang akademis tentang pendidikan orang dewasa mempunyai di ter]akhir duapuluh tahun menguntungkan di jalan banyak orang dari pengembangan di disiplin yang bertetangga. Pengembangan di psikologi, sosiologi, bahasa dan linguistik, dan baru-baru ini juga di manajemen yang komersil, pasti mempunyai suatu efek yang merangsang di studi dari AE, yang telah sekarang mencapai suatu identitas yang mandiri di dalam ilmu pengetahuan dari pendidikan.

Hubungan yang tetap dengan area yang lain tentang pendidikan dirawat melalui/sampai kooperasi di " Association Jerman untuk Educational Research ", di mana AE mempunyai Commission yang sendiri. Ini mempunyai kira-kira 150 anggota, [siapa] yang adalah kebanyakan bertanggung jawab untuk AE/CE di institusi pendidikan yang lebih tinggi. " Asosiasi dari University Adult Education" ( AUE), yang mendamaikan institusi dan para orang [yang] mempromosikan aktivitas pendidikan berkelanjutan di pendidikan yang lebih tinggi dan mempunyai (di) atas 200 anggota, telah melakukan banyak untuk pertumbuhan seturut arti pentingnya dari AE/CE melalui/sampai nya kesanggupan untuk studi dari AE/CE dan membuka dari pendidikan yang lebih tinggi.

Studi yang akademis tentang pendidikan orang dewasa berkonsentrasi pada riset di bidang yang berikut:

" orang dewasa mengajar dan belajar " curricula dan mengajar " bersifat jabatan dan riset ketenaga-kerjaan " target menggolongkan dan keikutsertaan " institusi " sejarah dari AE/CE.

Di samping sukses tak ditanyai nya, studi yang akademis tentang AE/CE menghadapi di atas semua(nya) kesukaran dari menghubungkan suatu bidang yang luarbiasa luas/lebar tentang praktek dengan paradigma namun yang tidak cukup dan dasar teoritis. Secara metodologis, studi dari AE/CE masih tergantung pada disiplin yang terkait, sebagian besar sosiologi. Perluasan dari AE/CE [menempatkan/ poskan] di universitas dan lain institusi dari pendidikan lebih tinggi mengambil tempat terutama di 1970s dan sejak itu telah menggenang/ menggenangi: hanya di institusi pendidikan yang lebih tinggi di Laender yang baru mempunyai [pos/tonggak] AE/CE yang diciptakan di tahun terakhir.

Riset dasar ke dalam AE/CE diselenggarakan terutama sekali di 1960s dan '70s, kapan analisis dari pelajaran-pengajaran proses dibuat, sikap publik [bagi/kepada] melanjutkan pendidikan diselidiki, inovasi pengajaran dikembangkan dan dievaluasi, dan pola dari keikutsertaan diterangi. Lebih baru-baru ini, riset AE/CE telah berkonsentrasi pada proyek yang lebih kecil tentang keterkaitan [bagi/kepada] promosi dan pengembangan dari praktek: petunjuk untuk ketetapan, evaluasi terpelajar program acara, analisis dari profil dari institusi bidang pendidikan, me-riset tujuan dari lulusan, dan lain lain

9. Internasional Menghubungi

Di ter]akhir duapuluh tahun, terutama sekali [karena;sejak] kejatuhan " tirai besi" melingkupi Europe Ketimuran, konteks yang internasional dari pendidikan orang dewasa Jerman telah meningkat dengan jelas/dengan nyata a seturut arti pentingnya. Para agen status adalah dengan aktip mendukung pendidikan kejuruan di negara-negara dari Europe Ketimuran, jasa yang bidang pendidikan dari berbagai sektor dari ekonomi adalah mengembang;kan ketetapan mereka sendiri dengan mitra European Timur dan Barat, dan serikat buruh , gereja dan dasar sedang bekerja bersama di spekulasi koperasi.

Koneksi internasional yang paling utama dari AE/CE meliputi:

" UNESCO-CERI " Dewan dari Europe " ESREA ( Society Eropa untuk Research di Education dari Adults)

" EAEA ( Association Eropa untuk Education dari Adults )

" ERDI ( Development Institutes dan Research Eropa untuk Adult Education)

" ICAE ( Council internasional untuk Adult Education )

Sebagai tambahan terhadap kooperasi internasional yang institutionalised, ada proyek kerjasama dan kontak banyak orang yang specialised. Bekerja dengan negara-negara yang bertetangga [menjadi/dari] bertumbuh arti penting di konteks ini. Ada proyek kerjasama di perbatasan German-Polish, kerja sama/kolaborasi dengan negara-negara Nordic, dan kooperasi di mengembang;kan daerah European, seperti daerah Saar-Lorraine-Luxembourg.

Mengikuti menandatangani dan memaraf implementasi dari persetujuan Maastricht, kooperasi antar[a] pendidikan orang dewasa di Jerman dan di negara-negara yang lain dari European Union telah tumbuh. Satu rangkaian konferensi European di pendidikan orang dewasa diluncurkan di Athens di 1994, mendiskusikan permasalahan yang umum, tugas dan gol. dilanjutkan ini Di Dresden ( 1994), Madrid ( 1995), Florence ( 1996), Manchester ( 1998) dan Mainz ( 1999). " SOCRATES " dan " LEONARDO " program acara dari European Union telah berisi bentuk yang tegas/eksplisit tentang tindakan mengenai pendidikan yang berkelanjutan di periode 1995-1999, dan perluasan mereka dari 1999 mempertimbangkan perluasan beberapa. Hasil dari AE Action yang dilaksanakan di bawah SOCRATES telah dievaluasi dalam suatu proyek European Union yang komplementer.

10. Prospek dan Kecenderungan

Diskusi Europe-wide dari " pelajaran yang kekal " telah pula berlangsung di Jerman. Melalui/Sampai banyak proyek, model dan program acara, organisasi dan badan bidang pemerintahan tidak bidang pemerintahan sudah mencoba untuk menetapkan lapangan golf antar[a] sektor yang berbeda tentang pendidikan, menciptakan peluang untuk akses dan perpindahan, dan untuk meningkat/kan dan memudahkan keikutsertaan dengan pengaturan rencana konseling dan informasi yang atas. Pekerjaan ini telah dihubungkan dengan usaha untuk memperluas sistem dari pengenalan dan sertifikat terpelajar, membariskan ini seluruh negara dan untuk membuat [mereka/nya] kompatibel dengan sistem European yang lain.

Dalam konteks debat tentang pelajaran yang kekal , diskusi bidang pendidikan dan yang akademis telah terus meningkat memusat di pelajar dan pelajaran. Belajar di tempat kerja, belajar di lingkungan yang sosial, belajar di dan melalui/sampai media, dan di/terorganisir-diri dan diarahkan-diri [yang] belajar , adalah kata kunci dari pengembangan ini. Di ceramah yang teoritis, [itu] adalah sering ditemani oleh jalan constructivist yang baru dari memperhatikan sistem pendidikan dan proses pelajaran. Ada persetujuan yang luas/lebar antar bidang pendidikan policy-makers bahwa pertumbuhan yang sangat besar di permintaan yang populer untuk pendidikan tidak bisa dijumpai oleh institusi ( dan pasti bukan oleh [mereka/yang] dibiayai oleh status).

Lagipula, status ( Federasi, komune dan Laender) telah secara berangsur-angsur menarik dari dasar [yang] membiayai dari melanjutkan pendidikan , [seperti/ketika] [itu] mempunyai dari area lainnya dari jabatan dalam pemerintahan. Dana [bagi/kepada] melanjutkan institusi pendidikan telah sering " yang dibekukan" (" ( yaitu., mereka macet) atau mengurangi. Berkenaan dengan pembiayaan dari melanjutkan aktivitas pendidikan, Employment Promotion Act adalah terus meningkat bersifat membatasi.. Pendidikan berkelanjutan Company-based berkonsentrasi pada dan pengembangan staff produktivitas. Yang organisasi yang utama sudah mendukung institusi pendidikan berkelanjutan hingga kini ( terutama serikat buruh dan gereja ), sedang berjuang dengan permasalahan yang keuangan disebabkan oleh besar meneteskan ke dalam keanggotaan. Institusi akhirnya, komersil boleh;berkewajiban pembayaran retribusi yang lebih tinggi untuk tujuan temu peraturan status dan untuk memenuhi permintaan siswa untuk mutu. sekolah yang kejuruan, Institusi pendidikan yang lebih tinggi dan lain penetapan status sedang perawatan untuk di;jadi;kan dengan berat dilibatkan di area pembangkit-pendapatan dari CE.

Publik menuntut untuk AE mempunyai secara konstan ditumbuhi [bertahan/berlangsung] 20 tahun, dan akan tumbuh. Kebutuhan akan lebih lanjut AE di bahasa, sisa pendidikan kejuruan dan teknologi informasi sangat tinggi.. Ada juga bertumbuh kebutuhan dalam bidang seperti kesehatan pendidikan, pendidikan yang budaya dan prevocational dasar pendidikan. Bagaimanapun, ada suatu peningkatan bahaya yang [mereka/yang] kurang mendaftar/enrol akan kekurangan jo dana untuk melakukannya, dan bahwa jumlah mereka yang adalah tidak mampu membayar bahkan pembayaran yang rendah hati akan naik, [selagi/sedang] banyaknya [mereka/yang] berkeinginan membayar pembayaran yang pada hakekatnya lebih tinggi akan juga naik - sedemikian sehingga gap yang sosial antar[a] kaya dan lemah/miskin akan menjadi lebih jelas lagi.. Usaha yang lebih besar kini sedang dibuat ke konter " pengeluaran yang sosial seperti (itu)" - di sini juga, Jerman adalah sejalan dengan kebijakan European.

Di sedikit tahun yang berikutnya nampaknya akan ada suatu restrukturisasi dari melanjutkan ketetapan dan institusi pendidikan. Mutu dari ketetapan, pelatihan yang sedang bertugas dari mengajar staff , pertanyaan dari mengakses ke ketetapan, dan hubungan antar[a] capaian dan harga, akan memperoleh namun arti lebih lanjut. Dimensi European dari melanjutkan pendidikan akan menjadi lebih penting dengan kedua-duanya hormat ke isi dan [bagi/kepada] membiayai .

Pertanyaan dari derajat tingkat [bagi/kepada] AE/CE yang (mana) harus diikat ke persyaratan dari pasar pekerja, dan ke minat komersil dan bersifat jabatan, akan - perlu - jadilah dibahas lebih secara penuh dalam tahun mendatang. Semakin kecil proporsi dari status membiayai di AE/CE, semakin besar adalah [part;bagian] yang dimainkan oleh [bunga/minat] dari konsumen dari " pendidikan", yaitu., peserta dan yang perusahaan boleh membiayai [mereka/nya], dan semakin penting adalah ukuran dari " mutu", daya saing dan jaminan yang berkwalitas. Pada sisi lain, ada suatu bertumbuh kebutuhan individu dan sosial untuk permasalahan individu dan dunia yang pendidikan buatan yang jaman ini yang dapat dimengerti dan dapat dikendalikan.. Kita dapat mengharapkan bahwa pendidikan berkelanjutan akan di masa dekat mendatang diberi sebagai suatu penekanan baru politis, dan akan harus mengalami perubahan, pengembangan dan pengintegrasian dalam praktek yang bidang pendidikan nya. Dimensi European, yang memberi suatu perspektif dari komparatip relatifitas ke pembangunan nasional dan pertunjukan [mereka/nya] atas dengan jelas, akan [menjadi/dari] arti yang utama di konteks ini. Ini mengambil kesinambungan dari CE, tetapi juga untuk pernah lebih memeluk-semua prinsip dari " subsidiaras ".

Ekkehard Nuissl dan Klaus Pehl

© 2000 Deutsches Institut für Erwachsenenbildung

(masih perlu disempurnakan translatenya)


0 comments: