Senin, 12 Mei 2008

P3 k sebagai Model Pendidikan Anak dalam Keluarga Lintas Agama

ABSTRAK
Nama : Khoirul Umam, Nur Cahyo, Mufani Jayanti
P3 k sebagai Model Pendidikan Anak dalam Keluarga Lintas Agama
Jurusan pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan
Univrsitas Negeri Semarang

Setiap orang tua menginginkan keluarga yang tentram dimana suami-istri di tuntut menciptakan kehidupan rumah tangga yang harmoni antara kebutuhan fisik dan psikis yaitu menjadikan keluarga sebagai basis pendidikan sekaligus penghayatan agama anggota keluarga. Pendidikan agama lebih urgen di lakukan dalam keluarga karena menyangkut kedudukan keyakinan agama dengan fungsi pendidikan formal dan informal. Agam secara teologis adalah seperangkat nilai yang abstrak yang memiliki kebenaran absolut secara akidah (teologis) bagi pemeluknya. Berdasarkan fenomena tersebut dalam karya tulis ini menyajikan paparan: (1) Mengapa perlu diberikan pendidikan agama pada anak dalam keluarga beda agama? (2) Bagaimanakah bentuk pendidikan agama pada anak dalam keluarga beda agama?
Untuk membahas permasalahan tersebut digunakan pendekatan deskriptif persuasif berdasarkan kajian kepustakaan yang bersumber pada buku-buku yang relevan, hasil penelitian, internet dan karya ilmiah. Berdasarkan kajian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendidikan akan amat sempit bila pendidikan agama di letakan dalam pendidikan formal (sekolah), sebab pendidikan formal di batasi ruang, waktu,

kurikulum, target nilai, jenjang, terlebih ada intervensi sistem pendidikan dari luar lembaga pendidikan ilmu yang dikaji bersifat terapan, mengedepankan nalar, keberhasilannya di wujudkan dalam kerangka pengembangan pengetahuan yang bersifat praksis seperti teknologi, ekonomi, pranata sosial dsb. Sedang pendidikan agama adalah lebih sakral bersifat sepanjang hidup yang di dalamnya mencapai target matang (mature) bukan sekedar kaffah (kuantitatif) atau religiusitas tetapi kedalama spiritualitas.

Kata Kunci : Model Pendidikan Lintas Agama
Download Karya Tulis Lengkap


0 comments: