Minggu, 01 Juni 2008

APLIKASI MACROMEDIA DREMWEAVER UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE

Abstrak
Bentar Saputro, Akaat Hasjiandito, Siti Nurwachidah Fibrianti. 2008. Aplikasi Macromedia Dremweaver untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website

Kata kunci: Macromedia Dreamweaver, Bahan Ajar, Website

Perkembangan jaman yang diiringi dengan kemajuan teknologi kini sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Manusia dalam kehidupannya sekarang banyak memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaannya, hal tersebut menimbulkan ketergantungan sehingga teknologi menjadi suatu hal kebutuhan yang primer. Tidak dipungkiri aktivitas sehari-hari manusia kini tidak lepas dari peran teknologi. Begitu juga dalam bidang pendidikan yang telah memanfaatan teknologi untuk memperlancar kegiatan pembelajaran agar mencapai hasil yang lebih baik.
Melihat dari kenyataan yang ada di lapangan akhir-akhir ini, sering sekali muncul permasalahan. Sebagai contoh salah satunya adalah dalam hal pengadaan panduan atau sumber belajar seperti buku, lembar kerja siswa, modul, yang justru menjadi proyek sebagai lahan mencari keuntungan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab, selain itu juga hal tersebut cukup memberatkan orang tua peserta didik karena harus menanggung banyaknya paket buku yang harus dimiliki anaknya dimana tiap semester harus ganti dan kurang dapat dimanfaakan lagi untuk generasi berikutnya, karena mungkin

kurikulumnya sudah berbeda. Salah satu ritual tahunan dunia pendidakan negeri ini adalah : ganti tahun beli buku cetak (text book) baru- meski isinya sama. Yang jadi korban mereka yang dananya terbatas. Pendidikan sudah mahal (mutu belum tentu bagus) dibebani lagi dengan biaya yang absurd. Tidak ada yang cukup berani untuk melawan arus dengan berkata : mari kita beli buku cetak lantas dijadikan aset sekolah. Murid cukup meminjam dan merawat.Buku teks mahasiswa saja tidak tiap tahun ganti , masak ilmu SD gonta-ganti tiap tahun.
Masih banyak hal lagi yang harus menjadi pusat perhatian kita dalam bidang pendidikan. Namun kiranya kita tidak hanya berpangku tangan dan hanya mencari-cari kambing hitam saja dari semua permasalahn ini. Solusi, saran konkrit dan kerja keras kitalah yang akan membangun pendidikan yang lebih baik. Dari hal tersebutlah maka penulis berinisiatif untuk mengembangkan pembelajaran yang berbaisis Website dengan memanfaatkan macromedia dreamweaver .


0 comments: