Kamis, 01 Mei 2008

Standar Kelulusan PLS Masih Buram

Hingga saat ini, pihak Pendidikan Luar Sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukamara belum menerima petunjuk terkait standar kelulusan ujian bagi peserta ujian penyetaraan. Kendati demikian, dipastikan standar kelulusan bakal mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Pasalnya, kenaikan tersebut mengikuti kenaikan standar kelulusan sekolah umum.

Kasie PLS, Abu Thalib menjelaskan, bahwa pihaknya masih menunggu kepastian angka standar kelulusan, serta jadwal pelaksanaan ujian penyetaraan untuk paket A, B dan C. Akan tetapi, sebutnya, pelaksanaan ujian biasanya akan digelar setelah pelaksanaan ujian nasional sekolah umum.

“Ini dikarenakan kami menunggu hasil ujian. Dan mereka yang tidak lulus saat ujian nasional ditampung dalam ujian penyetaraan,” jelas Abu Thalib.

Diejlaskannya, jumlah peserta yang siap ikut ujian penyetaraan pada periode pertama tahun 2008 ini sebanyak 131 orang. Yakni, paket A sebanyak 10 orang, paket B sebanyak 9 orang dan paket C sebanyak 112 orang. Peserta ini terbagi di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Sukamara. Dan berkas calon peserta tersebut sudah disampaikan ke tingkat provinsi.

Disinggung mengenai prospek kelulusan peserta ujian penyetaraan tahun ini, Abu Thalib menyatakan cukup optimis. Sebab, dilihat dari hasil tahun lalu angka kelulusan mencapai 97,37 persen. Dari 115 peserta (semua paket), sebanyak 74 orang berhasil lulus.

“Sisanya itu karena tidak hadir dan tidak ikut ujian. Tingkat kehadiran mereka saat itu memang cukup rendah, hanya 67 persen saja. Ini disebabkan ketika ujian mereka tak ada di tempat dan memilih bekerja. Yang banyak tidak mengikuti dari Kecamatan Balai Riam,” terang Abu.

Berkaca dari itulah, tahun ini pihaknya meminta keseriusan dari para penilik sekolah di wilayah masing-masing agar lebih mengintensifkan menyosialisasikan kepada calon peserta, sehingga tingkat kehadiran mereka saat ujian bisa lebih banyak lagi.

“Yang lebih berperan adalah para penilik sekolah untuk lebih menyosialisasikannya kepada peserta. Jika perlu dilakukan door to door (dari rumah ke rumah). Dan untuk mempersiapkan peserta lebih matang lagi, rencananya kam akan menggelar tryout khusus untuk paket C,” tukas Abu


0 comments: